11 Masalah Umkm Yang Tak Disadari Para Pelaku Umkm

Written by Dimas on July 10, 2020 in Bagaimana menangani Covid dengan tepat with no comments.

Anda yang tidak ingin resiko dan tetap dapat revenue meskipun kecil, pilih emas, reksa dana pasar uang dan deposito. Jika Anda kesulitan dalam mengawasi arus kas keuangan, Anda dapat menggunakan jasa administrator untuk mengontrol arus kas dan menetapkan prosedur keuangan yang baik. Hal ini merupakan kesalahan fatal yang sering terjadi dan menyebabkan keuangan usaha sulit dikembangkan. Sekarang ini, banyak sekali orang-orang yang menggelutiusaha kecil untuk menambah penghasilan. Sayangnya, banyak pula pelaku usaha yang kurang menyadari akan pentingnya mengatur keuangan dalam menjalankan usaha kecil. Hindari untuk membeli barang di luar anggaran yang sudah Bunda dan Ayah sepakati berdua.

Kedua cara ini akan membukukan pengeluaran pribadi ini di luar dari Laporan Laba Rugi karena sifatnya di luar dari kegiatan operasional usaha. Maka untuk membayarkan biaya operasional perusahaan yang terus berjalan terkadang harus menggunakan uang pribadi. Lalu, ketika piutangnya sudah dibayarkan oleh pembeli, maka uangnya akan digunakan untuk mengganti uang pribadi yang terpakai. Caranya dengan mulailah untuk merencanakan bagaimana usaha Anda dapat mendatangkan pendapatan, setelah itu lakukan penjualan beberapa produk. Langkah baik dalam hal ini ialah dengan cara menggunakan uang dari keuntungan untuk dikembangkan agar menjadi usaha yang lebih besar dan mengarahkan investasi ke bidang-bidang yang menguntungkan.

Mengingat harga rumah terus mengalami peningkatan, mulailah disiplin dalam mengelola uang. Supaya keinginan membeli rumah cepat terwujud, jangan ragu untuk memiliki dua rekening yang berbeda. Satu rekening untuk keperluan sehari-hari dan satu lagi rekening untuk menabung.

Tips mengatur keuangan

Menabung di financial institution dan mengharapkan bunga bukanlah hal yang akan Kania sarankan. Lebih baik gunakan tabunganmu untuk berinvestasi dalam emas atau reksa dana. Sebagai cara mengatur keuangan yang sering diulas akhir-akhir ini, investasi menjadi pilihan yang tepat asalkan kamu selalu memantau standing investasimu.

Kamu akan bisa menganalisis performance usaha kamu, dan mengetahui apakah ada peningkatan keuntungan yang signifikan. Pada intinya, memisahkan keuangan usaha dan pribadi itu penting supaya pembukuan menjadi lebih terorganisir. Dengan demikian, kamu bisa menilai apakah usaha kamu sudah menguntungkan atau belum, sehingga selanjutnya akan lebih mudah untuk mengambil suatu keputusan terkait dengan pengembangan usaha tersebut. Ilustrasi investasi emas (Pexels/Michael Steinberg)Zaman sekarang, investasi sangat bermanfaat untuk merencanakan keuangan lebih baik di masa depan. Ada banyak cara berinvestasi yang bisa kamu coba, salah satunya dengan investasi online melalui aplikasi.

“Buat komitmen untuk menghindari timbulnya utang baru di tahun 2021,” kata John Mantia, salah satu pendiri PARCO (Pensioned American Retirement Co.). Buat anggaran lalu memantaunya setiap beberapa bulan sehingga Anda dapat mengidentifikasi peluang untuk mengontrol biaya dan meningkatkan penghematan. “Pertimbangkan untuk membeli mobil yang berumur dua sampai tiga tahun dan mendanai dengan harga rendah.”

Comments are closed.