5 Alasan Kenapa Harus Mulai Wirausaha Saat Masih Kuliah

Written by Dimas on April 2, 2021 in LIP with no comments.

Pelanggan, investor dan calon mitra bisnis pasti ingin melihat informasi mengenai perusahaanmu di pencarian Google. Setelah tahu produk atau layanan yang ingin diproduksi, jangan lupa untuk mengukur peluang bisnisnya. Pelajari target pasar, mencari tahu apa yang diinginkan pelanggan. Hal ini dapat membantumu mengembangkan strategi pemasaran yang sesuai yang membedakan bisnismu dengan yang lain. Apabila mahasiswa termasuk handal di bidang IT, dapat dibilang mahasiswa tersebut adalah praktisi software Bola Online program atau perangkat lunak. Namun, bukan tak mungkin jika seiring dengan berjalannya waktu maka mahasiswa tersebut dapat mengembangkan beragam aplikasi yang bermanfaat untuk orang banyak seperti Facebook, Google, dan lain sebagainya.

Jangan lupa juga untuk berjejaring dengan para pebisnis yang berpengalaman untuk menjadi mentormu, mereka pasti mau berbagi kiat-kiat suksesnya padamu. Bimbingan-bimbingan seperti ini akan membuatmu mengerti risiko dan peluang bisnis. Kamu bisa memanfaatkannya dengan membuat net atau akun di media sosial untuk mempromosikan bisnismu.

Mahasiswa juga bisa menjadi pengusaha

Hal dilakukan agar lulusan UNG tidak hanya unggul dari segi akademik semata, namun juga dibarengi dengan kemampuan menjadi dalam berwirausaha. Dengan latar belakangnya sebagai seorang pengusaha, Yana menyatakan, modal utama untuk menekuni dunia wirausaha ‎adalah memiliki niat yang kuat. Menurutnya, para mahasiswa harus memupuk tekad kuat sejak dini. Sehingga menjadi dorongan agar semakin berani terjun menjadi pengusaha. Program kewirausahaan yang digagas pendidikan tinggi melalui Direktur Kelembagaan Ditjen Dikti saat itu . Dimana implementasi dari program ini adalah Dikti memberikan alokasi dana dalam bentuk subsidi untuk mahasiswa yang mempunyai usaha atau rencana usaha.

Nicholas KurniawanKesulitan dalam hidup bisa mendorong seseorang untuk sukses. Saat kondisi keuangan keluarganya terpuruk dan terbelit banyak utang, dia mencari cara untuk menghasilkan uang sendiri. Dia membuka berbagai bisnis mulai dari kuliner, mainan, hingga MLM.

Untuk itu, dengan adanya talkshow tersebut dirinya memberikan motivasi agar anak-anak muda bisa menjadi entrepreneur sejati dan sukses. Dengan latar belakang mahasiswa kedinasan membuat ia melebarkan usaha di bidang media pembelajaran yang diberi nama Patriot Kedinasan. Dengan berbagai bidang usaha membuatnya diperkirakan akan masuk dalam nominasi Forbes 30 Under 30 Asia. Mereka menerima modal dari angel investor dengan whole nilai hanya kurang dari US$ 1 juta, jauh lebih kecil dibandingkan startup digital lain yang bergerak di bidang journey.

Hal ini karena jurusan kewirausahaan memiliki cakupan yang luas dan berhubungan dengan banyak mannequin bisnis. Mulai dari membuka usaha sederhana secara on-line hingga mendirikan perusahaan yang mempekerjakan sejumlah karyawan. Untuk modal dasarnya ia mengaku berbekal ilmu dari sekolahnya mengenai minuman – minuman tersebut.

Comments are closed.