Cerita Mahasiswa Sukses Bisnis Pada Saat Kuliah

Written by Dimas on July 1, 2020 in Bagaimana menangani Covid dengan tepat with no comments.

Perkembangan dunia teknologi serta informasi sekarang ini memang sangat pesat dan large. Industri online atau digital seringkali dianggap sebagai lahan bisnis di masa depan sehingga sumber daya yang menguasai IT sangatlah dibutuhkan. Bidang IT sendiri sangat luas dimana jurusan – jurusannya dapat ditemukan di universitas. Misalnya saja sepertu jurusan sistem informasi, teknik informatika, dan lain sebagainya. Yang dipelajari pun banyak, mulai dari aplikasi, perangkat, sistem , sampai dengan desain grafis. Setelah lulus dari jurusan teknologi informasi, mahasiswa dapat langsung membuka layanan jasa edit atau grafis yang kini banyak sekali dibutuhkan.

Usaha sampingan lain yang sedang digandrungi saat ini adalah menjalani profesi sebagai influencer dan youtuber. Cukup bermodal ponsel pintar dengan kamera memadai, akses internet stabil, dan akun media sosial Instagram maupun YouTube, Anda sudah bisa menjalani bisnis tersebut. Dilakoni sambil bekerja kantoran pun tak masalah, asal tidak mengganggu dan tetap profesional. Modal yang diperlukan paling hanya berkisar Rp10 juta selama satu bulan pertama, dengan rincian Rp9 juta untuk bahan baku , Rp300 ribu untuk biaya gas, dan Rp250 ribu untuk biaya listrik dan air.

Saya dan HaloPuan juga akan mendengar lebih banyak dan lebih beragam melalui kehadiran Podcast HaloPuan. Aspirasi di negeri kepulauan terbesar di dunia ini tentu saja terlalu luas hanya untuk diserahkan kepada politisi atau elite bangsa. HaloPuan akan terus membuka mata dan telinga untuk mengorbitkan para wira sosial yang berdedikasi kuat di tengah warga. Mereka para pemimpin sosial yang ada di tengah hidup kita namun seringkali luput dari perhatian kita. Kehadiran Universitas Andalas sebagai sebuah perguruan tinggi kebanggaan masyarakat Sumatera Barat bukanlah datang secara tiba-tiba. Hasrat masyarakat Sumatera Barat untuk mendirikan sebuah perguruan tinggi sudah tumbuh semenjak memasuki abad ke-20.

Karir kewirausahaan dapat mendukung kesejahteraan masyarakat yang menghasilkan imbalan finansial yang nyata. Untuk itu perlu upaya kita untuk meningkatkan minat berwirausaha bagi lulusan perguruan tinggi. Maka sudah selayaknya kita berpikir panjang agar tidak hanya berhara pada satu sumber, melainkan multi sumber. Kita harus mengembangkan kreativitas diri sedemikian rupa sehingga didapatkan langkah-langkah cemerlang untuk bisa hidup makmur dan sejahtera. Dalam hal ini kita berusaha melakukan sesuatu yang berbasis pada kemampuan diri sendiri dan disinergiskan dengan kebutuhan masyarakat.

Perencanaan yang baik di awal akan memudahkan si pengusaha dalam mengembangkan usahanya nanti karena tidak harus menyusun ulang rencana bisnis yang sudah terlanjur jauh sehingga memboroskan waktu, uang, dan tenaga. BAGI mahasiswa atau generasi muda, punya bisnis sendiri kini menjadi tren. Anak muda memiliki segudang keinginan, perilaku yang cenderung konsumtif juga menjadi pendorong semangat untuk anak muda terus produktif dan mendapatkan uang hasil jerih payah sendiri.

Langkah-langkah mahasiswa memulai wirausaha

Dengan demikian, penting untuk membangun mekanisme dalam mengembangkan niat kewirausahaan salah satunya melalui sikap terhadap perilaku individu. Selanjutnya mempertimbangkan kewirausahaan adalah proses multistep yang dapat mengarah pada penciptaan bisnis dan keberhasilan wirausaha, niat adalah langkah pertama untuk dipertimbangkan. Niat untuk memulai bisnis baru tergantung pada sikap seseorang terhadap keinginan dan kelayakan seseorang untuk memulai wirausaha.

TEMPO.CO, Jakarta–Ikatan Keluarga Alumni Universitas Riau wilayah Jakarta dan sekitarnya bersama perusahaan ritel Idolmart membangun toko ritel percontohan di areal kampus Unri di Gobah, Pekanbaru. Banyak sekali pelajaran yang didapatkan dari kompetisi tersebut. Menurut Annisa dan Bella, mereka belajar membangun bisnis berskala kecil hingga skala besar. Selain mendapatkan uang, pekerjaan ini akan membuat Anda selalu terasah intelektualnya karena setiap hari membaca dan mendapatkan banyak informasi baru dalam pikiran Anda hanya dengan modal laptop dan saluran internet saja.

Comments are closed.