Mahasiswa Its Ini Bagikan Ideas Memulai Bisnis Untuk Kalangan Mahasiswa

Written by Dimas on July 1, 2020 in Bagaimana menangani Covid dengan tepat with no comments.

Soalnya, hampir semua mahasiswa adalah pengguna aktif internet dan HP. Nah, jika Anda adalah mahasiswa, Anda bisa menjual berbagai produk melalui Dropship alias perusahaan penyedia dagangan. Ponsel atau smartphone merupakan benda yang sekarang sangat umum dimiliki oleh mahasiswa. Jika menjual ponsel membutuhkan modal yang mungkin terlalu mahal, maka aksesori ponsel bisa jadi pilihan untuk modal yang lebih sedikit.

Tanpa disadari, langkah ini bisa memikat hati para pengguna media sosial lainnya yang belum memfollow Anda. Hadirnya aneka buku, jurnal, e-book dan berbagai media cetak berbahasa asing membawa kesempatan untuk para mahasiswa yang ingin menambahkan uang saku dengan menjadi freelancer penerjemah. Yang Anda perlukan hanyalah kemampuan menulis dan menguasai setidaknya satu bahasa asing.

Banyak orang memulai bisnis mandiri karena memanfaatkan peluang yang mereka peroleh di lingkungannya. Peluang harus dicari, bila perlu pergilah melakukan perjalanan sekedar untuk mencari peluang-peluang bisnis. Bila kita membuka bisnis tanpa adanya niat dan keyakinan, pasti bisnis tersebut tidak akan berjalan maksimal. Jadikan niat dan keyakinan untuk berwirausaha sebagai pondasi Anda membangun sebuah bisnis. Anda dapat bergabung dengan komunitas yang terkait dengan jenis usaha Anda.

Apapun universitas dan jurusan Anda saat ini, itu semua tidak menjadi persoalan. Syarat untuk berwirausaha tidak harus mengambil fakultas ekonomi atau program studi yang berhubungan dengan bisnis. Namun, cita-cita Anda untuk menjadi pengusaha sukses harus dibarengi dengan minat yang besar dalam berbisnis. Anda juga perlu mempersiapkan diri dari sekarang agar nantinya Anda bisa menjalankan bisnis dengan baik. Jika Anda hendak membangun café atau tempat makan untuk mahasiswa, lokasi paling tepat tentu saja di dekat kawasan kampus. Berbeda lagi jika misalnya Anda berencana membangun usaha kuliner untuk para pegawai kantoran.

Namun perlu strategi promosi seperti mengunggah di media sosial atau mengadakan giveaway sehingga toko on-line tersebut bisa dikenal banyak orang. Bisnis on-line untuk anak kuliah ini dapat berkembang menjadi usaha utama jika dikerjakan dengan sungguh-sungguh. Selama masih mudah dan kuat-kuatnya, tidak ada salahnya untuk eksperimen atau mencoba melakukan sesuatu yang menghasilkan uang.

Tanyakan apa saja yang dibutuhkan, apa saja yang menjadi kendala dan hambatan, dan lain-lain. Mungkin orang yang kamu tanyakan tidak akan menjawab karena dianggap sebagai pesaing, namun setidaknya kamu berusaha dan tidak tinggal diam. Misalnya, teman-temanmu mengalami kesulitan dengan print tugas, alasannya pun beragam, mulai dari malas mengantri di tempat print, atau sudah terlalu malam, dan lain-lain. Maka kamu punya peluang untuk membuka usaha printing dari tempat tinggalmu. Pelangganmu cukup mengirim e-mail tugas yang siap diprint, kemudian keesokan harinya kamu akan membawa hasil print pesanan temanmu. Sebelum memulai usaha, siapa pun orangnya, perlu untuk melakukan riset untuk usaha yang akan dijalankan.

Langkah-langkah mahasiswa memulai wirausaha

Intinya, jangan sampai Anda menjual lebih mahal dari harga pasaran, karena tentunya pulsa yang dijual akan menjadi susah laku. Dalam bisnis pulsa elektrik, harus tetap melakukan promosi meskipun sebenarnya Anda tidak butuh modal banyak atau biaya operasional. Bagaimanapun juga, dalam menjalankan bisnis, Anda harus punya target penjualan. Anda bisa memulai menjalankan bisnis ini cukup dengan modal Rp7,5 juta saja. Uang tersebut setengahnya untuk membeli sebuah mesin cuci satu tabung otomatis, dan sebuah mesin pengering. Setengahnya lagi untuk membeli perangkat pendukung, misalnya timbangan, plastik, dan setrika, serta gaji seorang pegawai.

Comments are closed.