Jejak Entrepreneur Muda

Written by Dimas on June 23, 2020 in Bagaimana menangani Covid dengan tepat with no comments.

Sebagai pengusaha, Anda harus sepenuhnya percaya pada tujuan Anda, dan bahwa Anda bisa melakukannya. Pikirkan bahwa apa yang Anda lakukan akan memberikan kontribusi pada perbaikan lingkungan, diri pribadi dan keluarga Anda. Anda harus memiliki kenyakinan yang kuat dalam ide Anda, kemampuan Anda dan diri Anda sendiri. Anda harus percaya di luar bayangan keraguan bahwa Anda memiliki kemampuan untuk mengenali dan keraguan ini.

Memang tidak susah, tapi butuh ketekunan untuk menjadi pengusaha muda di era digital. Menjadi KOL atau Key Opinion Leader salah satu peluang baru, bagi kamu yang memiliki banyak relasi teman yang seorang influencer atau orang yang melakukan campaign di media sosial. Nah, KOL ini berhubungan dengan perusahaan yang mengadakan marketing campaign. Tugasnya, mencari influencer untuk melakukan marketing campaign dan mengawasi berjalannya marketing campaign tersebut.

Prioritas Pekerjaan ()Bila kamu memilih jalur pengusahah untuk menghindari keangkuhan dari bos kamu di kantor. Apalagi jika kamu menjadi pengusaha agar tidak lagi mendengarkan ocehan menyebalkan dari para petinggi kantormu. karena sebenarnya, dengan kamu menjadi pengusaha, maka kamu telah mengadi untuk para bos di luar sana yang saat ini menjadi konsumen kamu JB’ers! Tidak terhitung kan, berapa banyak bos menyebalkan yang akan komentar tentang bisnismu?

Begitupun pada saat bisnis Anda sedang lesu, jangan lantas putus asa. Buka hati dan jangan malu untuk bertanya kepada pengusaha senior. Entrepreneur yang sukses seringkali bekerja untuk orang lain sebelum ia mengeluarkan bisnisnya sendiri.

Cara menjadi pengusaha muda

Setidaknya tidak harus melalui gagal puluhan kali yang disebabkan trial and error karena tidak adanya mentor. Networking adalah salah satu kunci sukses untuk membangun bisnis. Jangan sampai kamu malu untuk bersosialisasi dengan lingkungan sekitar maupun dengan karyawan yang kamu pimpin. Perbaiki cara komunikasi agar tidak mudah terjadi salah paham.

Selain itu, menumbuhkan bisnis kecil-kecilan saat kuliah dapat membantumu memiliki pekerjaan pasti setelah lulus nanti. Cara menjadi pengusaha sukses satu ini memang terdengar cukup mudah tetapi kenyataannya akan sangat sulit. Namun Anda harus memilih bidang untuk dikerjakan dan memulai bisnis. Cara pertama menjadi pengusaha sukses adalah memahami pola pikir bekerja lebih cerdas bukan bekerja keras. Pertama penting bagi seorang calon pengusaha untuk membangun perencanaan bisnis dan menguasai keseluruhan konsep yang akan digunakan. Beberapa orang bersaing untuk dirikan usaha dalam bermacam-macam menambah pertarungan dalam perjalanannya.

Kalau kamu mudah menyerah, jangan pernah berharap untuk sukses menjadi pengusaha muda. Berhubungan dengan para investor atau partner usaha dan orang orang lain yang memiliki visi yang sama sepertimu dan bisnismu akan menjadi keseharianmu saat membangun usaha atau bisnis. Kita juga punya banyak teman dan pergaulan yang luas, baik di dunia nyata maupun teman on-line. Jaringan pertemanan ini bisa dimanfaatkan untuk memasarkan produk atau jasa yang kita jual. Saat ini adalah saatnya semua berlomba-lomba untuk membangun usaha atau bisnis. Membangun usaha atau bisnis memiliki banyak manfaat, mulai dari pengalaman sampai memperluas networking.

Ternyata ada sejumlah hal yang menuntun kita dalam perjalanan menjadi pengusaha yang sukses. Walaupun terlihat sulit untuk dilakukan, langkah-langkah ini sebenarnya sederhana dan dapat dilakukan dari sekarang. Hal yang menentukan adalah mau atau tidak untuk mengusahakannya. Ketimbang hanya menjadi pengamat atau komentator, kita melakukan usaha yang nyata. Tidak perlu menunggu hingga menjadi ahli baru berkarya, tapi justru belajar dari perbuatan nyata, baik yang berhasil maupun keliru.

Hati-hatilah, justru hal ini akan membuat bisnis Anda berantakan. Selama masih mudah dan kuat-kuatnya, tidak ada salahnya untuk eksperimen atau mencoba melakukan sesuatu yang menghasilkan uang. Kamu pun bisa menawarkan ide, gagasan dan jasa kamu menjadi peluang usaha bisnis yang tidak kalah menjanjikan. Tidak ada langkah yang salah, yang ada langkah yang “kurang tepat”. Dibutuhkan pemikiran, usaha dan perjuangan dalam membuka dan menjalani bisnis agar menjadi bisnis yang berhasil. Anda bisa memulai usaha kecil-kecilan untuk mencapai usaha yang Anda inginkan.

Comments are closed.